Studio kami “Naik Level” sejak mengikuti program Indigo Game Startup Incubation!


Updated on 26 Nov 2019

Tidak dapat dipungkiri, bahwa bekerja dengan work flow yang sesuai adalah salah satu kendala ketika bekerja sebagai Indie Developer, para Indie Developer biasanya hanya mementingkan bagaimana pekerjaan mereka dapat selesai saja tanpa menggunakan waktu atau work flow yang seharusnya, hal ini adalah salah satu kendala besar dengan resiko kesehatan sebagai taruhannya.

Kami akhirnya berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu tim peserta program Indigo Game Startup Incubation, yaitu SLAB Games untuk membagikan pengalaman mereka selama mengikuti program Indigo Game Startup Incubation Batch #1 ini.

Ketua dari tim SLAB Games, Bona Akbar mengungkapkan bahwa tim mereka “Naik Level” saat mereka mulai menjalani hari mereka sebagai salah satu tim peserta di program Indigo Game Startup Incubation, awal nya mereka belum terbiasa dengan work flow yang ada di program ini, karena di program ini semua tim diharuskan untuk memberikan laporan harian, meeting mingguan yang mengharuskan mereka mempersiapkan segala macam data untuk mereka presentasikan di depan mentor, program director hingga pimpinan Indigo Creative Nation, dan mereka harus menerima semua itu dengan penuh tekanan awalnya, karena cara tim mereka bekerja selama ini tidak seperti itu.

“Awalnya tim kami merasa ini adalah tekanan yang sangat besar, kami mengganggap apasih ini kita sampai ditagih untuk memberikan laporan harian kami, meja kami didatangi hanya untuk meminta laporan dari kami dan lain sebagainya, benar-benar sangat tidak nyaman, karena cara kerja kami biasanya ‘asal project saya selesai’ saja” ujar Bona Akbar.

Setelah menjalani minggu-minggu awal program yang menurut mereka sangat berat, akhirnya tim SLAB Games merasakan keuntungan dari semua tekanan yang mereka dapatkan di awal program ini, dari awalnya mereka yang terkesan ‘apatis’ dengan seluruh task akhirnya mulai terbiasa tanpa harus disuruh ataupun ‘ditagih’ langsung oleh Project Manager Indigo Game Startup Incubation, Nadia Ukhti Dzulhasni.

“Setelah kami menjalani semua ‘tekanan’ yang kami terima, akhirnya kami menyadari, Oh ternyata ini keuntungan dari bekerja secara teratur dan tentunya dengan porsi yang tepat. Kami dapat menyelesaikan tugas-tugas kami dengan cepat dan efisien, tidak ada tugas yang terlupakan ataupun terbengkalai, seluruh tim kami bekerja dengan tenang tanpa harus merasa dikejar dengan ‘tenggat waktu’ dan kami dapat mengejar target kami tanpa harus merasa terkejar oleh waktu” ujar Bona yang diamini oleh rekan-rekan timnya.

Menurut Studi, bekerja dengan work flow yang tidak teratur mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Sebuah riset juga menemukan bahwa bahwa bekerja dari rumah memberikan pengaruh buruk bagi kekompakan tim dan inovasi.

“Tidak dapat dipungkiri, di Industri Game Development sendiri banyak sekali yang bekerja secara tidak teratur, dengan alasan ‘inspirasi’ mereka datang ketika jam-jam genting, seperti pada saat malam hari, ataupun karena pekerjaan yang menumpuk dan kami menyadari bahwa cara kerja seperti itu tidak sehat bagi para peserta. Maka, di program ini kami berkomitmen untuk mengganti cara kerja seperti itu menjadi cara kerja yang lebih efektif serta tidak membahayakan kesehatan para peserta dengan harapan mereka dapat mengimplementasikan cara kerja yang mereka dapatkan di program inkubasi game ini kedalam studio mereka setelah mereka selesai mengikuti program ini” Ujar Program Director Indigo Game Startup Incubation, Hoo Jia Ling.

Tim SLAB Games mengungkapkan, berkat ‘work flow’ yang baru ini, mereka dapat mengerjakan game terbaru mereka yang bertajuk ‘Where is my cat?’ sesuai dengan timeline yang mereka tetapkan tanpa harus bekerja lembur hanya untuk mengejar ‘tenggat waktu’.

“Tim kami benar-benar merasakan perubahan signifikan dalam bekerja ketika kami menggunakan cara kerja yang ditetapkan oleh Management Indigo Game Startup Incubation, proyek kami yang terbaru yaitu “Where is my cat?” dapat terkejar tanpa harus bekerja lembur lagi, dan tanpa harus bekerja secara ‘serabutan’ kami benar-benar bersyukur bisa bergabung di program Indigo Game Startup Incubation ini, kami mendapatkan pengalaman serta ilmu yang sangat berharga disini” ujar Hermanto, salah satu anggota tim SLAB Games.

Saat ini, Tim SLAB Games sedang mengerjakan game terbaru mereka yang bertajuk “Where is my cat?”

Game yang di develop oleh tim SLAB Games telah memasuki tahap early access, game ini adalah game yang bergenre puzzle, casual yang mengharuskan user untuk mencari tempat persembunyian kucing. Dan menurut Studi seorang dokter hewan di USA, kucing adalah mahluk yang senang mencari tempat persembunyian untuk dijadikan tempat mereka sebagai spot ‘favorit’ mereka. Nah, di game ini para user akan mencari cara untuk menemukan kucing tanpa tertangkap basah oleh sang anjing.

“Game kami saat ini telah tersedia di Google play store dan masih dalam tahap early access, dengan judul “Where Is My Cat?”, kami sangat berharap bahwa para pembaca dapat mengunduh game buatan studio kami dan memberikan feedback untuk game kami, setiap feedback dari teman-teman sangatlah berharga bagi tim kami” ujar Bona Akbar

Untuk mengunduh mengunduh game dari tim SLAB Games, silahkan klik

Tim SLAB Games juga mengungkapkan harapan mereka untuk developer lain agar bergabung ke program Indigo Game Startup Incubation ini. “ Kami berharap agar teman-teman sesama developer yang belum bergabung di program ini agar segera bergabung ke batch selanjutnya, tim kami sendiri telah membuktikan bahwa program ini sangatlah membantu kami dalam project management hingga menentukan work flow yang tepat bagi tim kami. Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas ini” ujar Bona Akbar dan diamini oleh rekan-rekan timnya.

Jika informasi dari kami berguna, dan anda ingin mendapatkan informasi yang akurat seputar Game Development, Game Incubation, Silahkan subscribe kami via E-Mail!