Perbedaan fundamental yang memisahkan video game dengan card game atau pun board game adalah experience dan digital sensation. Hal ini dipengaruhi oleh 3C, yaitu istilah yang umum digunakan di ranah game development untuk menjelaskan Character, Control, Camera. 

Tidak ada sejarah yang terdokumentasi mengenai istilah 3C, tetapi istilah ini diyakini berasal dari sebuah perusahaan video game asal Prancis, Ubisoft. Ketiga elemen 3C merupakan kesatuan interdependen yang saling berkaitan dan tidak mungkin dipisahkan satu sama lain. Munculnya spesialisasi desainer 3C dalam proses pengembangan game menunjukkan bahwa elemen ini cukup krusial di dalam sebuah video game. Membuat 3C yang berkualitas berarti game yang dibuat akan memiliki pijakan atau pondasi yang solid. pembuatan 3C cukup tricky, sehingga potensi berhasil atau pun gagalnya berbanding lurus.  

Singkatnya, 3C memiliki peran sebagai core interaction dan pengalaman pembuka; bagaimana pemain mendapatkan kesan pertama saat mengontrol game, berinteraksi dengan mekanik dari  game yang dibuat. Dan kesan pertama tersebut sangat menentukan fun atau tidaknya sebuah gameplay bagi pemain. 

Kali ini IndigoGame Startup Incubation mengajak para game developer untuk mengulik elemen 3C pada acara SSR Talks episode 8 bertitel Fundamentals of 3C Game Design. Dibawakan oleh Chandra Kouns Turaga, seorang game designer yang berpengalaman mengembangkan game AAA, seperti Prince of Persia: The Sands of Time Remake bersama Ubisoft India. Dan saat ini Chandra Turaga tengah melanjutkan karirnya di Ubisoft Stockholm, Swedia sebagai spesialis 3C Game Designer.  

Ikuti pembahasan menarik tentang elemen 3C dalam sebuah game, yang akan disiarkan langsung di SSR Talks episode 8 pada Minggu, 27 Maret 2022 pukul 17.00 WIB GMT+7 melalui YouTube Live Streaming. Acara ini gratis. Segera registrasi di sini! 

______________________________ 

SSR Talks adalah program knowledge sharing yang diadakan oleh Indigo Game Startup Incubation, yang mendatangkan narasumber ahli yang berpengalaman dan bekerja sebagai game developer di perusahaan game internasional ternama.