Belajar adalah hal yang harus kita lakukan secara terus menerus, pribadi yang hebat adalah orang-orang yang terus ‘haus’ akan ilmu, dan tidak pernah puas akan ilmu yang telah didapatkan.

Kami akhirnya berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu tim peserta program Indigo Game Startup Incubation, yaitu GINVO Studio untuk membagikan pengalaman mereka selama mengikuti program Indigo Game Startup Incubation Batch #1 ini.

Ibnu Qoyyim, Ketua dari GINVO Studio mengungkapkan, kesempatan ia dan timnya untuk belajar semakin terbuka lebar di program ini, mulai dari Project Management, Game Business, hingga pemilihan ide yang sesuai dengan target studio mereka.

“Kami disini belajar banyak sekali tentang ilmu-ilmu di Game Development, terutama saya pribadi belajar banyak tentang project management, bagaimana membagi tugas ke masing-masing anggota tim, bagaimana mengatur tim dengan baik, hingga belajar bagaimana itu pasar game” ujar Ibnu Qoyyim.

GINVO Studio juga menjelaskan bahwa awalnya mereka hanyalah tim yang berisi sekawan dari SMK dan ingin membuat game sendiri, mereka tidak mengerti bagaimana itu pasar game, bagaimana mengatur tim yang baik dan bagaimana realita di pasar dan bagaimana mengikuti permintaan pasar yang besar.

“Kami diajarkan disini bagaimana untuk tidak menjadi “idealis” tanpa menyadari kenyataan bahwa kebutuhan pasar itu adalah hal yang penting untuk di ikuti, tanpa mengikuti kebutuhan pasar, studio pasti akan susah untuk ‘survive’ , setelah mengikuti program ini kami jadi ‘melek’ akan kebutuhan pasar itu bagaimana, menurut kami kunci utama nya adalah selalu terbuka akan saran dan ilmu baru. Dan kami mendapatkan itu semua disini” ujar Ibnu Qoyyim.

GINVO Studio juga bersyukur dengan mengikuti program ini mereka dapat bertemu dengan studio-studio lain dengan latar belakang yang berbeda, mereka dapat belajar dari teman-teman sesama studio yang selalu mendukung satu sama lain dengan memberikan saran-saran yang sangat membantu studio dan game mereka berkembang menjadi lebih baik lagi.

“Selain ilmu yang didapatkan dari para mentor-mentor, kami juga mendapatkan ilmu dari teman-teman studio yang lain disini, kami sangat solid disini, sebagai peserta program Indigo Game Startup Incubation, target kami membangun industri Game Development Indonesia menjadi lebih baik lagi, tidak ada rivalitas disini, hanya kekeluargaan yang ada, dan kami sangat senang dengan hal itu” ujar Ibnu Qoyyim.

Ilmu adalah hal penting seperti yang dikatakan oleh Malcolm X “Ilmu adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini” Untuk itu, teruslah belajar dan jangan pernah puas dengan pencapaian yang di dapatkan saat ini.

“GINVO Studio adalah tim yang mempunyai passion yang tinggi dan terus menerus belajar meningkatkan kualitas game mereka agar user game mereka mendapatkan yang terbaik, semangat yang seperti ini yang kami apresiasi dari GINVO Studio dan studio-studio lain nya di program Indigo Game Startup Incubation ini” ujar Program Director Indigo Game Startup Incubation, Hoo Jia Ling.

Saat ini, GINVO Studio sedang mengerjakan proyek game mereka yang bertajuk “Getting Back With The Ex” dan telah memasuki tahap early access

Game ini adalah game yang bergenre casual, puzzle dan comedy, gameplay nya sendiri user harus mengumpulkan kursi untuk mencapai ‘pelaminan’ dan menggantikan posisi pengantin pria, tetapi tanpa diketahui oleh bodyguard.

“Game kami yang berjudul “Getting Back With The Ex” telah tersedia di Google Play Store dan dapat di unduh, setiap unduhan dan feedback dari user sangat membantu kami untuk mendevelop game kami menjadi lebih baik lagi” ujar Ibnu Qoyyim

GINVO Studio pun memberikan pesan untuk para studio atau developer yang belum mengikuti program program Indigo Game Startup Incubation ini. Untuk para studio yang belum gabung, kami berharap kalian bisa join Indigo Game Startup Incubation batch #2 ! karena kalian tidak akan menghabiskan waktu kalian dengan percuma disini, setiap harinya kalian akan belajar sesuatu yang baru dari para mentor-mentor disini!

Jika informasi dari kami berguna, dan anda ingin mendapatkan informasi yang akurat seputar Game Development, Game Incubation, Silahkan subscribe kami via E-Mail!