Bandung, 20 Oktober 2020 – Program inkubasi game startup pertama di Indonesia, Indigo Game Startup Incubation (IGSI), telah melakukan seremonial pembukaan untuk batch ke-3 pada Jumat, 16 Oktober 2020. Acara dihadiri oleh perwakilan dari pihak Telkom Indonesia dan Melon Indonesia serta para mentor, tim manajemen IGSI, dan peserta batch ke-3.

Acara dibuka dengan kata sambutan pertama dari Johannes Adi Purnama Putra selaku Manager Open Innovation Incubation Management of Indigo. Beliau memberikan ucapan selamat datang kepada peserta batch ke-3 dan mengharapkan program tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun secara daring (online) melihat pengalaman dari batch sebelumnya. Johannes menyampaikan harapannya kepada peserta batch ke-3 dengan mengatakan, “Kami harapkan teman-teman semangatnya tetap tinggi, kemudian dengan bantuan mentor yang ada bisa menghasilkan game yang berkualitas yang semoga kedepannya bisa masuk ke program Indigo Creative Nation (ICN) untuk mendapatkan pendanaan yang lebih besar dan juga tumbuh besar bersama dengan Telkom Group dan Melon.”

Kata sambutan kedua diberikan oleh Restya Winda Astari selaku Program Director IGSI. Dalam kata sambutan, Restya berharap walaupun bekerja dari rumah, para peserta tetap bisa produktif. Diharapkan juga dapat membagi waktu antara ketika harus serius, maupun sedang bersantai atau bersenang-senang. Seperti yang dikatakan dalam kata sambutannya, “Game yang bagus itu biasanya dihasilkan oleh developer yang bahagia. Jadi jangan lupa untuk tetap bahagia dan produktif.”

Seremonial pembukaan batch ke-3 kemudian masuk pada inti acara dimana para peserta dipersilahkan untuk memperkenalkan tim mereka serta menceritakan sekilas game yang akan mereka kembangkan di program IGSI. Berikut nama tim peserta batch ke-3 beserta kota asal dan nama game mereka:

  1. Anoman Studio dari Jakarta: Kala (PC)
  2. DEV.ata Game dari Bali: Legend of Dragon Warrior (PC)
  3. Dreams Studio dari Batam: Armaegis: Absolute Dominion (Mobile)
  4. MyHand Studio dari Semarang: Lupus: The Lost World (PC)
  5. Satriver Studio dari Malang: Crazy Delivery Services (Mobile)
  6. VanTrails Games dari Jakarta: Soul Spira: Rise of the Scarlet Knight (Mobile)

Selain perkenalan dari tim peserta, para mentor IGSI dan tim manajemen IGSI juga diperkenalkan secara singkat pada para peserta batch ke-3. Untuk mengingatkan kembali tentang briefing program IGSI, Restya kembali menjelaskan dengan singkat tentang program yang akan dijalankan oleh peserta.

Penjelasan tersebut mencakup periode dari masa inkubasi batch ke-3 dan fasilitas yang akan diberikan selama masa inkubasi. Restya juga memberitahukan fase pengembangan game apa yang akan dilalui dalam masa inkubasi, serta output atau hasil yang diharapkan dari peserta baik saat masa inkubasi berjalan maupun saat akan selesai.

Sebagai penutup acara, Restya mengatakan bahwa IGSI merupakan pintu gerbang bagi kesempatan-kesempatan selanjutnya, yaitu kesempatan untuk di-invest dan mendapatkan deal publishing. Ia berharap para peserta akan memanfaatkan program IGSI sebaik-baiknya. Kemudian Restya mengutip kata-kata dari salah satu peserta batch ke-3, “Kalaupun kita nanti kedepannya tidak mendapatkan investment, setidaknya kita sudah mendapatkan banyak ilmu dari mentoring.”

Masa inkubasi batch ke-3 akan kembali diadakan secara online (work from home) seperti pada batch ke-2 selama empat bulan ke depan. Program IGSI telah berhasil mengangkat 20 game startup per September 2020. Ikuti terus perkembangan mengenai para peserta batch ke-3 melalui website dan sosial media official IGSI.

Tentang Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 52.09%, sedangkan 47.91% sisanya dikuasai oleh publik. Saham Telkom diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode “TLKM” dan New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode “TLK”.

Dalam upaya bertransformasi menjadi digital telecommunication company, Telkom Group mengimplementasikan strategi bisnis dan operasional perusahaan yang berorientasi kepada pelanggan (customer-oriented). Transformasi tersebut akan membuat organisasi TelkomGroup menjadi lebih lean (ramping) dan agile (lincah) dalam beradaptasi dengan perubahan industri telekomunikasi yang berlangsung sangat cepat. Organisasi yang baru juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menciptakan customer experience yang berkualitas.

Kegiatan usaha TelkomGroup bertumbuh dan berubah seiring dengan perkembangan teknologi, informasi dan digitalisasi, namun masih dalam koridor industri telekomunikasi dan informasi. Hal ini terlihat dari lini bisnis yang terus berkembang melengkapi legacy yang sudah ada sebelumnya.

Telkom mulai saat ini membagi bisnisnya menjadi 3 Digital Business Domain:

  1. Digital Connectivity: Fiber to the x (FTTx), 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV)/ Satellite
  2. Digital Platform: Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity
  3. Digital Services: Enterprise, Consumer

Dapatkan informasi terbaru mengenai Telkom Indonesia melalui:

Website : https://www.telkom.co.id/

Facebook : https://www.facebook.com/TelkomIndonesia

Instagram : https://www.instagram.com/telkomindonesia/

Twitter : https://twitter.com/telkomindonesia

YouTube : https://www.youtube.com/c/telkomindonesiaofficial

LinkedIn : https://www.linkedin.com/company/telekomunikasi-indonesia/

Tentang Melon Indonesia

Melon Indonesia dibentuk tahun 2010 sebagai usaha patungan (Joint Venture Company) antara PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dengan SK Telecom (SKT) untuk menghadirkan layanan musik digital di Indonesia. Di akhir tahun 2016, Telkom mengakuisisi seluruh saham SKT, sehingga menjadi 100% Telkom Group.

Fokus bisnis perusahaan adalah layanan musik digital, seperti: audio streaming, video, karaoke, full track download, music box, ring back tone, text content, IVR, dan lain-lain. Saat ini Melon Indonesia lebih fokus melayani pasar B2B2C, seperti perusahaan telekomunikasi, penyedia jasa internet, FMCG, dan perusahaan retail lainnya. Sejalan dengan perkembangan bisnis, perusahaan mulai mengembangkan beberapa layanan B2B maupun B2C, yaitu Upoint.id, Upoint esports, langit musik, dan juga Melon Publishing (Oolean) sebagai sebuah Game Publisher.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Melon Indonesia melalui:

Website : https://melon.id/

Facebook : https://www.facebook.com/MelOnIndonesia/

Instagram : https://www.instagram.com/melonindonesia/?hl=en

Twitter : https://twitter.com/melonindonesia

YouTube : https://www.youtube.com/channel/UCuHHdG_ohKvmWCqfM62deag

Tentang Indigo Game Startup Incubation

Program Indigo Game Startup Incubation (IGSI) adalah sebuah program di bawah naungan Indigo Creative Nation (ICN) yang berdiri pada bulan September tahun 2019. Program IGSI merupakan salah satu upaya dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, khususnya ekosistem game. Program ini adalah hasil kerja sama antara Telkom Indonesia bersama dengan Melon Indonesia sebagai salah satu Game Publisher di Indonesia dan Agate sebagai Game Developer terbesar di Indonesia saat ini, melalui bagian yang berkonsentrasi pada akademi khusus untuk pengembangan game, yaitu Agate Academy.

Program Indigo Game Startup Incubation ditujukan untuk membantu para game studio atau game developer terutama yang masih startup di Indonesia agar mereka dapat membuat game terbaik. Harapan lainnya, mereka bisa menjadi sebuah usaha yang dapat bertahan serta menguasai pasar industri game di negeri sendiri, bahkan hingga ranah internasional.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Indigo Game Startup Incubation melalui:

Website : https://game.indigo.id/

Facebook Page : https://www.facebook.com/game.indigo.id/

Instagram : https://www.instagram.com/game.indigo.id/

Twitter : https://twitter.com/game_indigo_id

YouTube : http://www.youtube.com/c/IndigoGameStartupIncubation

IGSI Official Contacts:

Email: game.indigo.id@gmail.com

Whatsapp: +62 822 1778 7119