Setiap tahunnya, puluhan bahkan ratusan game 3D dirilis dan siap dikonsumsi oleh publik dalam bentuk mobile, PC, maupun console game. Dalam proses pembuatannya, game-game ini melewati banyak sekali tahapan dan langkah-langkah yang tidak sederhana. Sampai akhirnya game akan dirender untuk diteruskan tahapannya hingga siap untuk dipublikasikan.

Tapi mungkin pertanyaan awalnya adalah apa itu rendering? Rendering adalah salah satu proses yang umum dikenal di berbagai industri kreatif, tidak terkecuali di industri game. Proses ini merupakan salah satu langkah vital pada akhir suatu development process. Pada ranah industri game, proses ini biasa dikenal dengan game rendering, yaitu teknik grafis yang melibatkan berbagai komponen model gambar dua maupun tiga dimensi dalam sebuah program. Proses ini memungkinkan game developer untuk menciptakan game dengan animasi dan visual semirip mungkin dengan kenyataan. 

Sama juga halnya dengan berbagai proses lain dalam game development, game rendering juga membutuhkan serangkaian skill; mulai dari kemampuan dasar, hingga variasi teknik yang relevan. Mengangkat bahasan mengenai game rendering, SSR Talks kali ini akan mengundang Randy Tjandra, seorang Rendering Engineer untuk TiMi Studios. Adapun salah satu dari banyak proyek pembuatan game yang di dalamnya ada libatan dan campur tangan beliau adalah Ghost Recon Online, sebuah multiplayer third-person tactical shooter video game.

Penasaran tentang seluk beluk Game Rendering? Simak sesi SSR Talks Episode 14 dengan judul Skill Set that You Need to Know about Game Rendering. Akan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube Indigo Game pada Sabtu, 17 September 2022 pukul 16.00 WIB. Registrasi sekarang juga di sini!