Sebagai salah satu benefit yang Indigo Game berikan kepada para startup game yang tergabung di program Indigo Game Startup Incubation adalah penyelenggaraan acara internal, Google Week. 

Google Week merupakan sharing knowledge berupa online webinar yang rutin diadakan tiap periode Indigo Game Startup Incubation. Acara ini diisi oleh para pembicara yang berasal dari Google dan Google Partner, dan ditujukan untuk para startup IGSI yang berhasil lolos seleksi ke tahap inkubasi. Selain itu, para alumni IGSI dan Indigo Game Academy pun turut diundang untuk berpartisipasi pada event ini.  

Acara berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 13 – 15 Juli 2022 dan setiap harinya akan ada dua materi berbeda yang disampaikan kepada audiens. Secara garis besar, ada 5 muatan utama Google Week kali ini, yaitu validasi, monetisasi, database, marketing, analytics. Kelima topik tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi para startup ketika nanti produknya telah dirilis dan digunakan oleh publik.
 

Presentasi Understand Your Players Better with Global-scale Data and Analytics oleh Tiffany Adriana

Para pembicara yang mengisi acara merupakan para ahli dengan bidang expertise dari kelima topik utama di atas. Pada hari pertama, Tiffany Adriana, seorang CE Data Analytics di Google, memberikan banyak insight seputar analisis data lewat presentasinya yang berjudul Understand Your Player Better with Global-scale Data Analytics. Secara umum, materinya adalah sebuah ringkasan tentang kapabilitas data analytics untuk mendukung perusahaan game. Tiffany memaparkan tentang bagaimana para pemilik bisnis, termasuk para startup IGSI, bisa memanfaatkan data untuk mendapatkan insight tentang user mereka. 

Presentasi materi Games at Planet Scale with Google Cloud oleh Ady Suryawan

Selanjutnya, masih di Google Week Day One, hadir juga Ady Suryawan yang merupakan Customer Engineer Infra/Apps Mod di Google. Ady Suryawan mengangkat topik seputar penyimpanan database dengan materinya yang bertajuk Why GCP for Games?. Setelah membuka presentasi dengan sesi ice-breaking game menggunakan Kahoot, ia mencoba menjelaskan bagaimana teknologi yang dimiliki oleh Google Cloud Platform dapat memberikan banyak sekali keuntungan pada industri game. Dipaparkan juga bahwa bagaimana Google Cloud dapat menjadi jawaban dari masalah-masalah yang hari ini dihadapi oleh industri game. Disamping itu juga Google Cloud dapat mendukung industri untuk sustain dan bertumbuh di masa yang akan datang. 

Presentasi oleh Harry Tan

Selanjutnya, hari kedua Google Week dibuka oleh pemaparan materi tentang pengenalan Google Ads berjudul Introduction to Google Ads, yang dibawakan oleh Harry Tan. Sebagai seorang Growth Manager di bagian Mobile App Sales Google, Harry Tan memberikan penjelasan pada audiens untuk memperluas wawasan terkait Google Ads campaign. Selain itu juga disampaikan beberapa langkah startup untuk mulai mengetes gamenya.  

Presentasi materi oleh Vaishakh Nair

Setelah sesi pertama selesai, acara Google Week Day Two dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Vaishakh Nair, seorang Apps Regional Product Lead Google. Dengan mengangkat topik data analitik berjudul Measure Your Game Performance with Firebase. Di sini Vaishakh Nair memaparkan materi tentang bagaimana Google Analytics untuk platform Firebase dapat membantu para starup mendapatkan pemahaman yang lebih baik seputar user. Lebih jauh lagi, analisis ini juga bisa membantu penggunanya untuk menyaring para user yang dianggap valuable.

Presentasi materi oleh Ferdian Gunawan

Sama seperti event pada dua hari sebelumnya, hari ketiga Google Week 2022 juga dimuat oleh dua materi yang dibawakan para expert dari Google. Materi yang pertama adalah Take Your Game to The Next Level through Maximizing Lasting App Revenue. Ferdian Gunawan, Strategic Partner Manager Google, menerangkan tentang beragam macam format iklan AdMob dan dasar-dasar monetisasi menggunakan iklan. 

Presentasi materi oleh Sung Jae Joo

Sesi presentasi kemudian dilanjutkan oleh Sung Jae Joo, Regional Product Lead Google. Dengan materi berjudul How to Boost LTV through Hybrid Monetization, Sung Jae Joo membahas secara mendalam mengenai studi seputar hybrid gaming publisher yang tingkat keberhasilan strategi monetisasinya telah naik pesat dengan menggunakan metode monetisasi hybrid. 

Seluruh rangkaian materi yang dimuat pada Google Week pun ini diharapkan dapat membantu memberikan insight kepada para startup dan alumni Indigo Game Strtup Incubation mengelola dan memasarkan produk-produk game mereka ke depannya. 

Simak informasi terbaru tentang Indigo Game Startup Incubation lewat akun instagram Indigo Game.